Selamat Datang di Website Kami

Selasa, 05 Agustus 2014

Buku Kurikulum 2013 Ditargetkan Tiba di Sekolah 15 Agustus


JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan perkembangan buku Kurikulum 2013 sudah rampung untuk sampai ke sekolah masing-masing. M Nuh menargetkan semua buku tersebut akan sampai pada 15 Agustus 2014.

"Sebelum 15 Agustus, Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada saat program 100 hari terakhir termasuk buku gratis yang diutamakan dalam rapat, semua sudah rampung untuk sampai ke sekolah masing-masing. Mudah-mudahan, sebelum 15 Agustus sudah selesai terkirim," ujar M. Nuh di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (5/8/2014).

Lantaran buku tersebut gratis, sehingga yang belum dapat buku bisa melaporkan diri. "Ada yang menarik, kita cermati, kali ini ingin berikan kepada siswa baik sekolah swasta maupun negeri secara gratis sebanyak 24 juta eksemplar. Ada yang mengalami keterlambatan, karena ada sekolah yang terlambat memesan," ucap mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Baginya, sekarang pihaknya dapat bekerja keras, Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) dan semua pemenang tender sebagai mekanisme pengadaan buku siswa untuk Kurikulum 2013 akan beralih dari penggunaan sistem tender. Sehingga, mulai Tahun Ajaran 2014/2015, LKPP akan bertindak sebagai mediator untuk menjalankan tugasnya terkait pengadaan buku kurikulum 2013.

"DKI Jakarta dapat laporan bahwa belum bisa dikirim pada Senin lalu, karena sekolah tutup. Bagi sekolah, yang penting proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak berhenti," ungkap mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) itu.

Sebelumnya, M. Nuh mengantisipasi sebelum liburan, untuk sebarkan CD-CD ke seluruh sekolah dan mendownload juga. Perhari ini, sebanyak 264.618 buku e-book yang didownload kebanyakan di SD.  "Guru dalam pelatihan kurikulum 2013 minimum dua buku pegangan guru untuk satu guru murid. Data download tersebut sudah terdeteksi di web Kemendikbud," tuturnya.

M Nuh menambahkan, diadopsi untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari dua buku tersebut, minimumnya guru punya pegangan untuk pembelajaran dan mempersiapkan Bab awal jika mau untuk persiapan. "Surat edaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membeli buku, untuk alat pendidikan (KBM). Misalkan buat fotokopi buku Kurikulum 2013," ungkapnya.
(rhs)

0 komentar:

Total Tayangan Laman

Alamat

Jl. Batoro Katong No. 06 Telp. 0352-461927

Popular Posts