Selamat Datang di Website Kami

Selasa, 05 Agustus 2014

Konsep Piramida Pembelajaran di Kurikulum 2013


JAKARTA - Implementasi Kurikulum 2013 baru memiliki kandungan konsep piramida pembelajaran yang dibagi menjadi dua kelompok. Yakni, pasif teaching metodelogik dan yang partisipal teaching metodologik.



"Menarik sekali. Hubungan dari piramida terkait tersebut mengukur berapa daya serap yang digunakan," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (5/8/2014).


M Nuh melanjutkan, pada piramida pasif teaching metodelogik dilakukan melalui pendekatan membaca, audiovisual dan demonstasi.


"Ternyata, membaca itu hanya 10 persen yang bisa diterima oleh sang anak. Audiovisual 20 persen daya serapnya, demonstrasi 30 persen, dan belajar sendiri 10 persen," ucap mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.


Sedangkan kelompok aktif, lanjut Nuh, yakni partisipal teaching metodologik, 50 persen didapat dari diskusi. Jadi, kelompok-kelompok diskusi bisa meningkatkan daya serap 50 persen.


"Bisa dibayangkan kalau membaca 50 persen. Tetapi, yang saya terkejut dari sisi positif, jika seseorang belajar mempraktekkan dan eksperimen, bisa merekat daya serapnya bisa naik hingga 75 persen," ucap mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) itu.


Kemudian, jika dibiasakan dalam pembelajaran, untuk mengajarkan pada orang lain, maka akan meningkat 95 persen, dan hal itu menarik.


"Pada kurikulum 2013, jika dikaji dari bawah (seluruh pembelajaran) mulai dari mengamati, bertanya, eksperimen, dan sampai pada akhirnya mampu mengomunikasikan kepada orang lain, maka mereka akan menyerap lebih baik. Jadi, seluruh rangkaiannya akan mengarah pada pendidikan yang tertinggi tersebut," ungkapnya.


Jadi, M Nuh menambahkan, seluruhnya harus diajarkan pada orang lain, maka akan lebih bisa diserap.


"Pembelajaran yang berbasis pada eksperimen dan pembelajaran yang mengarahkan mereka untuk mengajarkan kepada orang lain, maka akan lebih baik diserap bagi mereka," tuturnya.

0 komentar:

Total Tayangan Laman

Alamat

Jl. Batoro Katong No. 06 Telp. 0352-461927

Popular Posts