Selamat Datang di Website Kami

Selasa, 05 Agustus 2014


Sempat Pesimis, Orangtua Kini Dukung Kurikulum 2013
JAKARTA - Kurikulum baru bukan hal mudah bagi para guru. Mereka juga butuh waktu untuk mampu beradaptasi dengan hal baru yang benar-benar terasa asing. Sempat apatis, beberapa guru yang benar-benar memahami kurikulum 2013 telah merasakan manfaat positif bagi peserta didik maupun mereka sebagai tenaga pengajar.


Seperti pengalaman yang dibagikan oleh guru SDN 03 Pulo Kebayoran Baru, Dwi Herawati. Dia mengikuti penataran tentang implementasi kurikulum baru selama satu minggu lantaran kurang menguasai.



Meski proses belajar sama dengan sebelumnya, di sekolah tempat Dwi mengajar mulai tahun ini menerapkan proses penilaian yang secara otentik, sehingga masih menimbulkan kesulitan tersendiri bagi guru.



"Saya optimis kurikulum ini sangat baik untuk siswa, terutama budi pekertinya. Bagi siswa SD ada spiritual yang amat sangat penting untuk memupuk budi pekerti para siswa ke tingkat selanjutnya," tutur Dwi dalam Konferensi Pers penjelasan seputar kesiapan penerapan Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2014/2015, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (21/7/2014).



Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 03 Pulo Kebayoran Baru Kardiman menambahkan, mulai tahun ini sekolahnya siap melaksanakan kurikulum 2013. Beberapa waktu lalu, lanjutnya, mereka sudah memberikan sosialisasi kepada orangtua murid SD kelas 1, 2, 4, 5, dan mereka merespon.



"Awalnya mereka pesimis karena untuk SD aspek kognitif (pengetahuan) 20 persen, sedangkan yang lainnya 80 persen. Sikap positif sekarang ini yang kami butuhkan adalah anak yang punya moral dan sikap yang baik dari sana, jadi kami sudah siap," ungkap Kardiman.



Kendala-kendala selama implementasi kurikulum pun terus Kardiman pantau, terutama terkait tentang penilaian yang memang agak berbeda dengan yang dahulu. Kalau dulu angka, kalau tahun ini lebih otentik. Kendala lain, kata Kardiman, tentang pemahaman guru terhadap IT.



"Fakta yang ada, guru itu harus paham IT, tiap aspek harus diinput dalam satu item. Kendalanya adalah tidak semua guru kami paham tentang IT, itu kendala yang harus kita segera cari jalan keluar, ini tidak akan menjadi kendala besar," tuturnya. (mrg)

0 komentar:

Total Tayangan Laman

Alamat

Jl. Batoro Katong No. 06 Telp. 0352-461927

Popular Posts